Tentang Netbeans IDE


Netbeans merupakan sebuah program open source yang sukese dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah). Sun Microsystems mendirikan sebuah proyek program open cource Netbeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama.
Saat ini terdapat dua produk yaitu Netbeans IDE dan Netbeans Platform. Netbeans IDE adalah sebuah program di lingkungan development yaiut sebuah pemrograman menulis, mengomilasi, mencari, checking, dan memperluas program. Netbeans berbahasa pemrograman Java, namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain juga, terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah program yang open source sehingga kita tidak harus membeli untuk menggunakannya. Sedangkan Netbeans Platform adalah sebuah program fondasi yang modular dan dapat diperluas yang digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar.
Mitra ISV menyediakan plugin bernilai tambah yang dengan mudah dapat diintegrasikan ke dalam platform dan dapat juga digunakan utnuk membuat kakas dan solusi sendiri. Kedua produk ini open source dan free untuk penggunaan komersial dan non komersial. Kode sumber tersedia untuk guna ulang dengan lisensi Common Development and Distribution License (CDDL).
Pada tanggal 5 Mei 2008 diadakan sebiah workshop besar di San Fransisco California, yaitu sebuah acara pemaparan dan pembelajaran tentang Swing Aplication Framework, Beans Binding, Editor, Profiler, Ruby, PHP, dan Visual Mobile Designer.

Hingga artikel ini ditulis Netbeans sudah mereleas versi yang ke 8.0.2 dengan slogannya "NetBeans IDE The Smarter and Fashter Way to Code", cepat dan mudah dalam penggunaan development program desktp, mobile dan aplikasi web dengan Java, HTML 5, PHP, C/C++ dan banyak lagi.
NetBeans IDE adalah program gratis, opensource, dan memiliki komunitas di seluruh dunia dari penguna maupun developers.
Bagi anda yang ingin mencoba dan menggunakan program ini bisa mendownlad di situs resmin NetBeans www.netbeans.org

Baca juga tentang cara menginstall NetBeans di windows.

No comments:

Post a Comment

Kantor Pusat: GIKPrint - Jl. Lamongrejo No. 28 Lamongan - Jawa Timur
Layanan Bantuan: Telp/SMS/WA +6285854361172 | BBM PIN : D41B44E5 | Chat Costumer Service | Hubungi Kami
Jam Layanan: Senin - Jumat: 07.30 WIB - 21.00 WIB | Sabtu - Minggu: 08.30 WIB - 20.30 WIB (Hari Kerja)

© Copyright 2015- | GIKPrint.com - All rights reserved | Theme by Way2themes | Powered by Blogger.