SMS Gateway : Cara Mengolah SMS pada Project SMS Gateway (Balas, Teruskan, Hapus)


Kita lanjutkan pembahasan pada pembuatan project SMS Gateway yaitu pada tahap Cara Mengolah SMS pada Project SMS Gateway (Balas, Teruskan, Hapus). Seperti halnya kita melakukan sms menggunakan handphone, dalam aktivitas bersms setidaknya kita akan menggunakan menu balas sms, teruskan sms dan hapus sms.

Sebelum kita masuk pada tahap implementasi pada project sebaiknya kita pahami gambaran umum pengolahan sms dengan menu balas, teruskan atau hapus sms. Untuk menu balas sms yaitu kita akan melakukan melakukan balas sms yang dari sms yang sudah masuk pada tabel inbox, sehingga yang kita lakukan selanjutnya adalah hanya mengetikkan isi sms tanpa mengisi nomor tujuan karena nomor tujuan sudah terpilih ketika kita memilih sms yang akan kita balas dari tabel inbox. Kalau untuk menu teruskan sms kita bertujuan unutk meneruskan isi sms yang kita pilih pada tabel untuk diirim ke nomor lain sehingga kita tidak perlu mengetikkan lagi isi sms, kita hanya mengisi nomor tujuan yang aan kita kirimi sms terusan tersebut. Sdangkan menu hapus sms yaitu kita menggunakan menu tersebut untuk menghapus sms yang terpilih yang ada pada tabel, baik tabel inbox, sentitens ataupun tabel outbox.

Secara garis besar itulah yang akan kita bahas pada artikel Cara Mengolah SMS pada Project SMS Gateway (Balas, Teruskan, Hapus).

Pertama kita melakukan pengolahan pada tabel inbox, yaitu menggunakan menu balas, teruskan, dan hapus.
  • Step #1
  • Terlebih dahulu kita buat satu class baru, ini kita fungsikan sebagai tempat penyimpanan sementara dengan model Setter Getter dari nomor dan isi sms ketika kita memilih sms di tabel.
    Baca artikel tentang Cara Membuat Java Class Setter Getter Baru di Netbeans.

    Misal saya beri nama classnya SMSdipilih


  • Step #2
  • Selanjutnya kita beralih ke form jfrmKirimSMS yang sudah kita buat sebelumnya. Ditampilan source kita buat method untuk melakukan setter getter yang akan tersimpan ke class SMSdipilih tadi.

  • Step #3
  • Tambahkan event pada tabel inbox ketika tabel diklik untuk memanggit method setTerInbox.
    Klik kanan tabel inbox - Events - Mouse - mouseClicked

    untuk tabel yang lainnya juga sama untuk pemberian events pada tabelnya, yang membedakan yaitu pada pemanggilan method, pada events tabelSentItems ketika diklik menggunakan setTerSentItems, untuk tabel outbox menggunakan setTerOutbox untuk memanggil methodnya.
  • Step #4
  • Selanjutnya memberi event pada jcmdBalas.
    Klik kanan pada jcmdBalas - Events - Action - actionPerformed


    getBalas berfungsi untuk mengambil obyek yang tersimpan pada setter, untuk jcmdTeruskan kita menggunakan getTeruskan pada events actionPerformed jcmdTeruskan.

  • Step #5
  • Pada button hapus sms kita beri eventPerformed untuk menghapus data yang ada di database. Klik kanan pada button hapus - Events - Action - actionPerformed


    Ini saya contohkan menghapus sms yang ada pada tabel inbox, ketika memberi action pada button hapus sentItems atau Outbox kita tinggal mengganti query sqlnya.
  • Step #6
  • Kita coba jalankan project untuk mengetes button balas, teruskan dan hapus pada project SMSGateway
    Saat kita pilih button Balas maka textfield nomor tujuan sudah terisi sesuai nomor inbox yang akan kita balas

    Begitu juga pada button teruskan, text area isi sms akan terisi sesuai isi sms yang ingin kita teruskan ke nomor yang lain, sehingga kita tidak perlu lagi mengetikkan isi sms, kita hanya mengisi nomor tujuan yang akan kita kirimi sms tersebut.
Sekian artikel tentang pembahasan Cara Mengolah SMS pada Project SMS Gateway (Balas, Teruskan, Hapus). Jika ada kritik saran atau pertanyaan bisa diisikan ada kolom komentar di bawah.
Semoga bermanfaat dan akhirnya salam coding.
Pembahasan selanjutnya pada project SMS Gateway : Cara Membuat AutoReplay Ketika Ada SMS Masuk yang Lama Tidak Terbalas.

9 comments:

  1. mas terusin lagi dong project sms gateway nya soalnya lagi nyusun TA mas. plisss , ngebantu banget tutorialnya mas, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh..iya mas.
      maksud hati ada niat untuk nerusin..tapi keadaan pas lagi skripsi juga ini..whehehe..
      fokus ke skripsi dulu..
      :D

      Delete
  2. Mas, boleh minta kirim project nya gk ke email saya? Soalnya masih kurang ngerti bikin desain interface nya. Kalau ada mas ijinin kirim ke emai saya mas: hafismuh@gmail.com :))

    ReplyDelete
  3. Mas, boleh minta kirim project nya gk ke email saya? Soalnya masih kurang ngerti bikin desain interface nya. Kalau ada mas ijinin kirim ke emai saya mas: hafismuh@gmail.com :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuhhh...ini pas habis install ulang windows..
      ndak kebackup itu project2 yang di document...

      Delete
    2. Hmm gitu ya mas. Makasih mas ;)

      Delete
  4. Atau nanti kalau ada, kasih tau ya mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeyy...ini juga masih ngerjakan project ecommerce..

      biar lebih bisa memahami, coba ketik ulang saja code2 dari contoh2 yang sudah ada, jangan di copy paste, nanti belakangnya bisa lebih enak dalam pembuatan projec

      Delete
  5. Mas, boleh minta alamat email, fb, atau twitter? Lengkap :D Buat diskusi aja tentang bhs java mas, terutama masalah gammu atau sms gateway. Terima kasih, mas :))

    ReplyDelete

Kantor Pusat: GIKPrint - Jl. Lamongrejo No. 28 Lamongan - Jawa Timur
Layanan Bantuan: Telp/SMS/WA +6285854361172 | BBM PIN : D41B44E5 | Chat Costumer Service | Hubungi Kami
Jam Layanan: Senin - Jumat: 07.30 WIB - 21.00 WIB | Sabtu - Minggu: 08.30 WIB - 20.30 WIB (Hari Kerja)

© Copyright 2015- | GIKPrint.com - All rights reserved | Theme by Way2themes | Powered by Blogger.